Mengembalikan file yang terhapus di recycle bin

Mengembalikan file yang terhapus di recycle bin

- Januari 06, 2018



Pernahkah anda menghapus file secara tidak sengaja di komputer atau laptop, apabila file itu penting buat anda. ketahuilah sebuah sistem os windows, apabila anda menghapus file. maka file tersebut masuk terlebih dahulu ke recycle bin. apabila anda tidak sengaja menghapus file penting tersebut, di recycle bin. maka file sudah tidak bisa di kembalikan. terkecuali anda menggunakan software tertentu, agar dapat mengembalikan file seperti sediakala. kali ini saya akan membagikan tips dan tutorial, cara mengembalikan file yang terhapus dengan easeus data recovery. berikut cara mengembalikan file terhapus di recycle bin :


1.) Pertama anda Download terlebih dahulu easeus data recovery, Pilih yang versi trial. apabila anda ingin yang full , anda diwajibkan membeli license key software tersebut.

2.) Install easus data recovery, dan jalankan. maka akan seperti tampilan dibawah ini :


3.) Setelah di buka, anda akan melihat tampilan menu - menu berisikan pilihan seperti : gambar , dokumen , email, audio , video, dan yang lainnya

4.) untuk mengembalikan file yang terhapus, contoh : file yang saya akan hapus berformat rar,. jika anda ingin memilih format : gambar , dokumen ,email , audio ,video. pilihlah "other". contoh tampilan seperti dibawah ini :


5. lalu klik next, maka akan ada tampilan menu. yang menampilkan hardisk drive . disini saya menscan di partisi hardsik drive H, dimana file itu tidak sengaja terhapus.


Scan dan tunggu beberapa saat , scan ini membutuhkan waktu yang sangat lama. tergantung isi besar atau banyaknya file anda, di hardisk drive.

6.) Setelah selesai menscan, maka akan muncul tampilan berisi file - file dan folder yang sudah terhapus. pilihlah folder dimana file tersebut terhapus. contoh file dan folder yang terhapus, di tandai nomor (1)


Setelah memilih file yang terhapus , ceklist terlebih dahulu. dengan mengklik recovery yang di tandai lingkaran kotak pada pojok kanan bawah di nomor 1. selanjutnya klik recovery, maka akan ada tampilan menu popup. yang akan menyimpan hasil recovery file , sesuai keingin anda. lalu klik save.

Selesai , catatan untuk tutorial kali ini : apabila anda menyimpan hasil file atau folder recovery di directory. diusahakan menyimpan hasil recovery file , dimana file dan folder tersebut dihapus.

Advertisement