Cara melihat jenis lisensi Windows 10

Cara melihat jenis lisensi Windows 10

- Februari 24, 2019



Kalian baru saja menginstall windows 10, atau baru saja membeli laptop dengan OS windows 10. bagi kalian yang ingin mengetahui jelas lisensi yang di gunakan atau terinstall di pc/laptop. berikut ini cara mengetahui jenis lisensi yang digunakan pada windows 10. Ketahuilah bahwa windows 10 yang tidak memiliki lisensi , ada beberapa fitur - fitur yang tidak bisa anda akses. serta muncul notifikasi seperti windows aktivasi di layar. itulah kendala yang muncul, jika anda belum mengaktifkan windows 10.


Kembali ke topik pembahasan, windows 10 lisensi itu terdiri dari tiga jenis macam lisensi, berdasarkan lisensi yang digunakan saat anda pertama kali menginstall windows 10. yaitu retail,oem dan volume.

- Retail ialah lisensi permanen untuk satu pengguna perangkat ke perangkat lain, sehingga anda tidak perlu untuk membeli lisensi lagi untuk mengaktifkan windows 10 diperangkat baru.

- OEM ialah sebuah lisensi permanen windows 10 yang diperuntukan untuk satu perangkat pengguna saja, dan tidak bisa dipindahkan keperangkat baru lainnya.

- VOLUME ialah lisensi yang digunakan untuk beberapa banyak perangkat secara bersama, biasanya lisensi ini digunakan oleh perusahaan yang membutuhkan lebih dari satu perangkat pc/laptop. tidak bersifat permanen, harus di aktifasi secara terus menerus.


Lalu bagaimana cara mengetahui jenis lisensi yang digunakan di windows 10, berikut ini caranya :


Melalui CMD ( Command prompt)

+ langkah buka CMD, Tekan tombol R + Windows pada keyboard - selanjutnya anda ketik CMD.-kemudian klik tombol ok - maka otomatis akan muncul "CMD" - lalu ketik  "slmgr -dlv" seperti tampilan di bawah ini.



Dan akan muncul tampilan pop up "windows script host", dengan rincian lisensi windows yang sedang digunakan.


Sekian tutorial dari saya, cara mengetahui jenis lisensi yang digunakan oleh pc atau laptop. terima kasih.
Advertisement